Traffic Light, Apa Salahnya Mentaati ?

Posted by Unknown on 10/30/2016 with No comments
Ubi Societas Ibi Ius dimana ada masyarakat disitu ada hukum. Artinya hukum itu muncul dalam masyarakat, dan masyarakat terdiri dari manusia yang mempunyai kepentingan yang berbeda-beda sehingga dalam masyarakat rentan akan terjadinya konflik, sehingga perlu ada hukum yang mengaturnya.

Begitupun dalam berlalu lintas, kenapa kita memerlukan Traffic Light ?
Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas atau yang sering kita sebut dengan Traffic Light. Berdasarkan UU 22/2009 adalah perangkat elektronik yang menggunakan isyarat lampu yang dapat dilengkapi dengan isyarat bunyi untuk mengatur Lalu Lintas orang dan/atau Kendaraan di persimpangan atau pada ruas Jalan.

Dimana ada pengguna lalu lintas dan angkutan jalan disitu ada traffic light, artinya traffic light muncul karena adanya pengguna lalu lintas dan angkutan jalan, pengguna lalu lintas dan angkutan jalan adalah manusia yang mempunyai tujuan yang berbeda-beda sehingga ketika mereka bertemu di persimpangan jalan maka rentan akan berbenturan yang satu mau lurus yang satu mau belok, atau yang satu mau ke kiri yang satu mau ke kanan, untuk meghindari benturan itulah maka perlu ada traffic light yang mengaturnya.

Untuk itulah kita perlu mentaatinya agar kita tidak berbenturan satu sama lain yang mengakibatkan kecelakaan dalam berlalu lintas, tidak ada salahnya menunggu lampu merah menjadi hijau agar kita dapat melanjutkan perjalanan, dan bersikap hat-hati ketika lampu berwarna kuning.

Sebagai warga negara yang tinggal di negara hukum, dan bagi pelajar khususnya marilah kita taati alat pemberi isyarat lalu lintas, agar kita tidak malu pada seragam dan almamater yang kita gunakan pendidikan tidak hanya ketika kita dapat ijazah lalu lulus dengan membagakan, pendidikan itu dapat dilihat dari kebiasaan kita setiap hari, traffic light saja dilanggar bagaimana nantinya ketika kita sudah menjadi orang yang punya jabatan penting untuk negara ini. Karena hakikatnya mulailah dari hal yang kita anggap kecil dulu karena hal kecil pun dapat menjadi bencana ketika kita melanggarnya.

Marilah jadi Pelopor Keselamatan LLAJ
Mulai dari sekarang

Untuk menjadi besar nantinya
Categories: