Wisata Kuliner : Katupat Kandangan dan Dodol Kandangan

Posted by Unknown on 12/04/2014 with No comments


Ketika berkunjung ke Kabupaten Hulu Sungai Selatan belum lengkap kalau tidak mencicipi kuliner khasnya, salah satu kuliner yang cukup terkenal bahkan setiap ada wisatawan yang berkunjung selalu mencari kuliner khas daerah  ini. Kuliner yang begitu terkenal ini adalah katupat Kandangan dan dodol kandangan.
Katupat Kandangan
Ketupat identik dengan lebaran, namun di Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan lebaran setiap harinya karena katupat merupakan kuliner khas daerah yang dapat kita temui dengan mudah, katupat kandangan merupakan kuliner yang sangat di gemari masyarakat, wisatawan, bahkan setiap orang yang sekedar lewat untuk melakukan perjalanan mereka singgah sebentar untuk menikmati kuliner yang satu ini. Hal tersebut dibuktikan dengan tidak pernah sepinya warung katupat yang kebanyakan berada di daerah Parincahan.

Selain rasanya yang memang lezat, katupat kandangan juga disajikan dengan kuah santan dengan bumbu-bumbu khasnya, juga dengan iwak haruan atau lebih dikenal dengan ikan gabus yang  hidup di  rawa-rawa Kalimantan Selatan. Selain itu salah satu ciri khasnya adalah dimakannya bukan dengan sendok ataupun garpu tapi dengan tangan, memakan dengan tangan membuat sensasi dan rasa yang berbeda ketika memakan makanan ini, memakan menggunakan tangan juga merupakan pembeda ketika memakan ketupat pada umumnnya.
Maka dari itu sangat rugi, apabila kita tidak mencicipi kuliner yang satu ini, katupat kandangan sangat cocok dengan lidah pencinta kuliner khususnya masyarakat banjar pada khususnya.
Dodol Kandangan
                Tidak hanya katupat Kandangan yang terkenal di Bumi Antaludin ini (sebutan untuk Kabupaten Hulu Sungai Selatan) tetapi juga dodol Kandangan, dodol merupakan produk makanan turun-temurun masyarakat Kandangan. Ketika kita mengenal dodol Garut maka di Kalimantan juga ada dodol Kandangan yang tak kalah nikmatnya.
Ketika kita melakukan perjalanan ke Kabupaten Hulu Sungai Selatan mulai dari gerbang selamat datang di Kabupaten Hulu Sungai Selatan bahkan sebelum gerbang tersebut sangat banyak masyarakat yang menjual produk dodol Kandangan dan biasanya bertuliskan “Dodol Asli Kandangan” pada plakat-plakat di depan rumah mereka.
Dodol Kandangan juga di jual dengan berbagai rasa mulai dari rasa original, strawberry, sarikaya, dll. Kemasannya juga bermacam-macam tergantung besar dan harganya. Dodol kandangan cukup terkenal di Kalimantan, selain rasanya yang manis dan khas yang bisa menemani santai sambil memakan cemilan yang satu ini, dodol Kandangan juga bisa di jadikan oleh-oleh khas Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
Maka dari itu sangat rugi apabila kita berkunjung ke Kabupaten Hulu Sungai Selatan, tanpa membawa dodol Kandangan sebagai oleh-olehnya.

Categories: