Di Balik Megahnya Meratus : Sekilas tentang Kabupanten Hulu Sungai Selatan !!!

Posted by Unknown on 12/04/2014 with No comments


Kabupaten yang berada di paling selatan pulau Borneo, salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan selatan disanalah Hulu Sungai Selatan. Kandangan merupakan ibu kota Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Bagi masyarakat Kalimantan Selatan khususnya pasti tak asing lagi dengan kata Kandangan, entah karena dodol atau katupatnya, atau juga karena kata “Kandangan cing ae” yang begitu lekat jika orang mendengar kata Kandangan, entah makna apa yang terkandung di dalamnya namun yang mesti diketahui bahwa Kabupaten Hulu Sungai Selatan  merupakan tempat yang sangat nyaman untuk bertempat tinggal ataupun hanya sekedar mampir untuk menikmati wisata alam ataupun kuliner khasnya, kampung halaman yang begitu astri, tempat wisata yang berlimpah, ataupun masyarakatnya yang ramah dan masih menjunjung tinggi nilai agama.

Kabupatan Hulu Sungai Selatan terbagi menjadi pegunungan dimana bagian timur ke selatan membentang megah pegunungan meratus, sedangkan dari arah barat ke utara merupakan dataran rendah yang dialiri oleh sungai amandit hingga bermuara di sungai Negara. kawasannya yang masih astri menjadi daya tarik kabupaten ini, udaranya juga terasa dingin dan terasa lembab, hingga tetap merasakan suasa kampung yang sejuk di tengah aktifitas padatnya kota.
Konon katanya pada saat penjajahan Belanda, Kabupaten Hulu Sungai Selatan adalah bagian dari Afdeling Van Hoeloe Soengai yaitu Onder Afdeling Kandangan (bahasa belanda, bagi saya yang berstatus sebagai masiswa fakultas hukum ini sangat menarik) dimana juga terdapat distrik-distrik contohnya distrik amandit dan distrik Negara (saya pernah baca di Wikipedia, hal ini mengingatkan saya dengan the hunger games yang juga punya distrik-distrik. Ha ha jadi ngawur) kemudian berdasarkan perkembangannya pada masa kemerdekaan 29 Juni 1950 Afdeling Van Hoeloe Soengai dibentuk menjadi Kabupaten Hulu Sungai dangan ibukota Kandangan. Proses ini puncaknya tanggal 2 Desember 1950, Gubernur Kalimantan melantik Syarkawi sebagai pejabat pertama Bupati Hulu Sungai Selatan, sehingga tanggal tersebut juga dijadikan hari jadi kabupaten hulu sungai selatan.
Hingga saat ini Kabupaten Hulu Sungai Selatan memperingati hari jadi ke 64 (selamat hari jadi ke-64 Kabupaten Hulu Sungai Selatan, semoga menjadi kabupaten yag semakin jaya dan dapat mewujudkan visi dan misinya).
Batas-batas wilayah Kabupaten ini adalah di bagian utara  Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Kabupaten Hulu Sungai Utara, bagian selatan Kabupaten Tapin dan Kabupaten Banjar, bagian barat Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Kabupaten Tapin, dan di bagian timur Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Kabupaten Kotabaru Batas-batas ini menunjukkan bahwa kabupaten ini berada di daerah sentral, dari banua lima plus. Selain daripada itu, Kabupaten Hulu Sungai Selatan mempunyai 11 kecamatan yang juga mempunyai ciri khas masing-masing, yaitu Daha Utara, Daha Barat, Daha Selatan, Kalumpang, Simpur, Kandangan, Angkinang, Telaga Langsat, Sungai Raya, Padang Batung, dan Loksado.
Hem, mungkin ini Sekilas tentang Kabupanten Hulu Sungai Selatan, inget loe ini hanya sekilas masih begitu banyak berkenaan  dengan HSS, semakin anda tahu semakin anda tertarik dengan kabupaten yang satu ini hehe.

Categories: