Kabupaten HSS : Gerbang Menuju Banua Lima Plus

Posted by Unknown on 12/04/2014 with No comments



 

Berbicara masalah Kabupaten Hulu Sungai Selatan tak lepas dari letaknya yang benar-benaar strategis hingga saya katakan Kabupaten Hulu Sungai Selatan merupakan gerbang menuju banua lima plus, karena untuk menuju Kabupaten lain seperti Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Balangan harus melalui Kabupaten Hulu Sungai Selatan terlebih dahulu. Hal ini menjadikan Kabupaten Hulu Sungai Selatan berada di posisi sentral banua lima plus.
Begitupun setelah dibangunnya jalan transportasi darat Kandangan menuju Batulicin (Tanah Bumbu) juga merupakan jalur penghubung yang sangat memudahkan akses untuk menuju Kabupaten Tanah Bumbu tersebut dengan terlebih dahulu melewati Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Hal ini sangat menguntungkan karena Kabupaten Tanah Bumbu juga kita ketahui mempunyai potensi yang sangat bagus.

Kelebihan lain daripada posisi sentral ini, Kabupaten Hulu Sungai Selatan juga merupakan jalur yang harus di lalui untuk menuju dua provinsi secara langsung yaitu Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Timur.

                Selain transportasi darat, transportasi air juga bisa menghubungkan beberapa provinsi sekaligus contohnya Kalselteng dimana dari Kalimantan tengah terhubung langsung ke Kabupaten Hulu Sungai Selatan lewat jaur air, pusatnya ada di Negara yang merupakan wilayah dataran rendah dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan, sehingga kelebihan kabupaten ini bukan hanya transportasi lewat darat tapi juga lewat air.

Dengan Begitu otomatis akan meningkatkan peranan dari segi transportasi baik darat ataupun air, yang pastinya jika dimanfaatkan akan sangat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat kabupaten ini. Karena itulah kabupaten hulu sungai selatan sangat pantas dikatakan sebagai Gerbang Menuju Banua Lima Plus karena keberadaannya sebagai sentral sekaligus penghubung daerah-daerah lain.
Categories: